Selasa, 28 April 2009

Strategi pemasaran WOM terbukti efektif

Jumat, 24/04/2009 17:20 WIB

oleh : Sepudin Zuhri

JAKARTA (bisnis.com) : Strategi pemasaran melalui mulut ke mulut (word of mouth/WOM) terbukti efektif meningkatkan penjualan suatu produk, karena sekitar 68% konsumen membeli produk melalui rekomendasi dari konsumen lain.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan Lembaga Pemasaran Onbee menyimpulkan 89% konsumen membeli produk atas rekomendasi dan 68% konsumen atas informasi dari orang lain melalui mulut ke mulut.

Business Director Octovate--brand consultant-- Sumardy mengatakan pemasaran melalui WOM dapat meningkatkan penjualan hingga 3 kali lipat dengan catatan melalui pembicara (talker) yang memiliki jaringan dan kredibel seperti tokoh masyarakat, ibu-ibu rumah tangga, anak muda yang berpengaruh dan lainnya.

"Pemasaran melalui WOM dapat menekan anggaran pemasaran di tengah krisis selama dilakukan secara sistematis tidak hanya secara kebetulan," ujarnya saat memaparkan Pemasaran melalui WOM hari ini.

Menurut dia, produsen di Amerika Serikat dan Eropa mulai menggunakan pemasaran mulut ke mulut, setelah berusaha melakukan penghematan anggaran dengan memangkas anggaran iklan.

Penelitian tersebut dilakukan di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Makassar dan Medan yang terdiri dari 2.000 responden. Di Jabotabek terdiri dari 800 responden dan sisanya di empat kota. Responden itu berusia 15-55 tahun dengan kelas sosial A-E.

Produk yang ditanyakan kepada konsumen dalam penelitian tersebut terdiri dari 100 kategori dan masing-masing kategori terdiri dari 3-7 jenis produk. Seluruh kategori produk tersebut dapat dikelompokkan ke dalam 5 kelompok produk yakni produk rumah tangga seperti sabun, shampo, pasta gigi dan lainnya, kategori produk transportasi, kategori produk leasing, makanan dan minuma dan produk kecantikan.

Dia menuturkan sekitar 83% konsumen yang berusia 25-34 tahun akan mempercayai suatu produk berdasarkan apa yang mereka lihat, baca atau mendengar tentang perusahaan produk tersebut dari orang lain. Sebanyak 56% Konsumen berusia 35-64 tahun dan 63% konsumen berusia 25-34 tahun akan membagi pengalamannya dan pendapat tentang produk suatu perusahaan yang mereka percaya kepada orang lain. (tw)

bisnis.com

http://www.facebook .com/ext/ share.php? sid=73854621861&h=wLspn&u=PPJPS

Tidak ada komentar: